Headlines News :
Banner iskaruji dot com
TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI PHOPHO POOMKILLER THE'SAINT BLOG

Let’s Talk 'bout Food

Emang enak ya kalo kita punya pekerjaan sesuai dengan hobi dan apa yang kita sukain, tentunya sesuai dengan idealisme kita masing-masing. Kita jadi seneng ngelakuinnnya tanpa beban dan tekanan sedikitpun. Jadi kerja udah kayak main aja, tapi menghasilkan. Kalo udah kayak gini kayaknya minim bgt kemungkinan seseorang untuk ngalamin yang namanya stress. Sebagai salah satu contohnya aja, gw seneng bgt ngeliat om BW yang ngebawain acara kuliner disalah satu tipi swasta. Enak bgt loh, kerjaannya nyicip2in makanan dari berbagai pelosok sekalian jalan2, dah gitu dibayarin sama yg empunya acara, trus pulangnya bawa oleh2 buat keluarga lagi!
“sekarang kita cari oleh2 buat yang di rumah...Ayo ikuti saya terus” begitu katanya disetiap penghujung acara. Tapi gw akuin beliau emang expert sama soal beginian. Segala sesuatu tentang kuliner dia tau. Dari sejarahnya, asal mulanya, macam jenisnya, teksturnya, sampai lokasi terenak dari makanan tertentu. Sedangkan gw, ga usah pikir2 panjang. Asalkan bisa gw kunyah dan enak ditelen, sikat. Ditambah gw punya sifat curious yang gede bgt. Kalo ada makanan yang aneh2, gw pengin bgt buat nyobain.
Semenjak di Semarang, gw jadi lebih leluasa untuk ber Wisata Kuliner ria. Maklumlah kalo di Jakarta kan jarang bgt gw bisa nemuin makanan yang ga biasa (baca:khas). Paling kalo lagi ada even2 tertentu aja seperti Jakarta Fair atau festifal makanan. Nah di Semarang ini wawasan gw tentang makanan jadi bisa berkembang (dikit). Yang pertama bikin gw penasaran adalah dengan terdapatnya ‘Warung Nasi Kucing’.

Kasus 1: Warung Nasi Kucing
Apakah itu??? Mengingat Nasi Kucing di Semarang amatlah populer. Begitu ambigu kalimatnya. Apakah warung tempat dimana orang memberi makan kucing2nya? Tapi ga mungkin, ga ada crowded kucing disana. Apakah nasi jatah kucing yang dijual? Gak, terlalu menjijikan. Apakah nasi dengan lauk kucing? Ekstrim bgt, ga mungkin. Yang gw ga habis pikir gimana ceritanya nasinya kucing bisa banyak peminatnya di sini. Ditambah, nama warungnya bisa macem2. Ada ‘Warung Nasi Kucing” (seperti yang gw bilang tadi), Ada “Café Meong” (yang walopun rada maksa, tapi lebih elit dikit namanya), Ada “Warung Kucingan”, (ga tau deh). Dan yang dahsyatnya lagi ada yang namanya “Warung Nasi Kucing Kang No”. Nah Lo?! Hebat bgt si kang No punya peliaraan kucing yang bisa masak sekaligus punya usaha warung.
Saatnya inpestigasi.
Gw harap inpestigasi gw bisa mengungkap misteri sindikat pembunuhan kucing besar2an, khusunya dikota Semarang. Inpestigasi pertama gw mulai dengan warung nasi kucing dideket kost gw yang diberi nama “Warung Nasi Meong”. Sok imut memang. Pikir gw, yang punya warung punya kucing yang di beri nama Meong. Beda sama Kang No yang tidak memberi nama kucingnya. Kalo gw punya kucing yang gw kasih nama Pussy, warung gw akan gw kasih nama menjadi “Warung Nasi Pussy”
ga banged, persepsi orang ntar bisa kemana-mana.
Kembali ke persoalan, gw beranikan diri gw masuk ke Warung Nasi Meong. Oh iya, berdasarkan data yang gw dapet dari berbagai sumber, warung jenis ini biasanya beroperasi dari sore hari sampai dini hari menjelang pagi. Maka dari itu, biar lebih dramatis gw sengaja datenginnya malem hampir menjelang tengah malem.
Saat itu suasana warung ga begitu rame oleh para pengunjung. Diliat dari segi arsitekturnya, sebenernya lebih cocok kalo disebut kedai ketimbang warung. Terpal biru dibuat sebagai atap, sebuah meja ukuran sedang dengan bermacam hidangan diatasnya yang didepannya terdapat sebuah kursi panjang bagi costumer yang ingin makan ditempat. Berhadapan dengan pelanggan, sudah siap seorang pria yang siap melayani pesanan minum. Sebab kalo makan kita tinggal ngambil aja apa yang ada di meja. Ternyata dugaan2 gw salah, ga ada satupun makanan yang berhubungan langsung sama kucing. Diatas meja terdapat bermacam gorengan, sate2, kerupuk, tahu-tempe bacem, dan berbagai bungkusan kecil nasi dimana tiap bungkusan memiliki label yang bertuliskan lauk didalamnya. Ada yang tulisannya usus, ayam, nasi goreng, nasi kuning, rica-rica rempela-ati, ati ayam, sarden dsb. Inilah kenapa disebut “nasi kucing”, yaitu karena porsi yang ditawarkan hanya sedikit seperti porsi kalo kita ngasih makan kucing. Nasinya sedikit begitu juga dengan lauk didalamnya. Sebenernya lebih cocok buat ganjel perut doang, bukan buat makan utama. Karena kalo buat makan utama, ga cukup sebungkus. Kalo buat gw sih cuma buat ngotor2in gigi doang deh. Ga nyampe lambung. Harus makan 3-4 bungkus baru nampol dilambung. Nah disinilah ada yang bikin gw penasaran bgt. Diwarung ini tumben2an ada snack “Walang Goreng” atau bahasa Indonesianya “Belalang Goreng”. Gw pernah liat di tipi, gw lupa negaranya, kalo ga salah di Thailand, pokoknya di negara Asia. Jadi emang ada stand yang ngejual berbagai macam olahan makanan berbahan dasar serangga. Seperti ulat, jangkrik, kecoa, balalang dsb, tapi rasanya katanya enak. Yap! Inpestigasi gw lupain, gw penasaran dan tertantang buat nyobain ekstrim kuliner ini. Gw beli sebungkus belalang goreng ini, dan biar ga malu ga gw makan ditempat, tapi gw bawa kekost. Gw juga beli nasi bungkusnya sebagai teman makan. Owkeh, sesampainya dikost, pintu gw kunci biar ga ada yang ngeliat eksperimen gw makan belalang dan biar ga dibilang terobsesi sama bunglon. Gw buka bungkusnya yang dari plastik transparan yang dibaliknya terdapat kertas putih bertuliskan merk dan logonya yang terdapat noda minyak. Disitu tertulis RENYAH, ENAK, DAN GURIH. Gw semakin penasaran. Liur ini tak tertahankan ngeliat belalang yang terkapar kaku. Gw ambil potongan pertama diantara belalang2 lain yang berwarna coklat karena digoreng. Belalang goreng yang gw ambil masih komplit teksturnya kecuali sayapnya yg udah ga ada. Pelan2 gw masukin kemulut. Adaow!!!! Bibir gw kecantol duri yang ada di kaki belalangnya. Kampret ni belalang masih bisa ngasih perlawanan juga. Pelajaran pertama, sebelum makan belalang sebaiknya pisahkan dulu kakinya biar ga nyantol di bibir atao bahkan lidah kamu. Ga necis aja kalo kamu mau kissing ama do’i tapi bibir kamu lagi luka gara2 kamu doyan ngemutin kaki belalang.
“Yang, cipokan nyok!” pinta do’i kamu
“Duh maap Yang, kamu ga liat? Bibirku lagi di gips nih”
“Lho kenapa?”
“Kecantol kaki belalang gara2 ngemilin belalang goreng semalem sambil nonton wayang”
“ Oooh.......nih aku kasih sangu. Jajan yang sehat yach”
Kalo udah begini, malu bgt kan?
Oke, kakinya udah gw lepasin. Tinggal kepala yang nyatu dengan perut aja yang tersisa. Kalo ga salah istilahnya abdomen, yaitu kepala yang nyatu sama badan. Langsung hajaaarrrr. Hmmm biar gw analisis.... rasanya mirip teri asin, cuma yang ini lebih liat dan lebih amis dibanding teri asin. Biar tahan sama amisnya, gw barengin makannya sama nasi bungkus yang juga gw beli tadi. Gw pamer kekeluarga gw dirumah kalo gw habis makan belalang goreng. Gw bangga berhasil makan makanan ekstrim seperti yang udah gw liat sebelumnya di tipi. Potongan pertama bisa gw nikmatin berlanjut sampai potongan ke empat. Gw berhenti dipotongan ke lima. Bergegas ke kamar mandi.
Gw muntah
Di potongan ke empat tadi perut gw mual trus kepala rada puyeng dikit. Ternyata belalang goreng yang gw beli ga enak. Guanya aja yang sok-sok kuat nahan makan makanan ekstrim beginian. Kapok.
Paling ga, gw punya pengalaman yaitu pernah makan belalang goreng.
Baiklah, berkenaan anak kost yg bawaannya laperan mulu, di keesokan harinya gw sama Wasis - temen kost gw – pergi ke Warung Nasi Kucing (ato Kucingan, biar lebih efisien). Malem itu berasa laper bgt, tapi berhubung udah malem rada susah buat nyari tempat makan. Jadilah Kucingan sebagai alternatifnya. Kali ini kucingan yg kita datengin lokainya beda, dan terkenal dengan es teh yang dahsyat. Seperti biasa, dari pada gw makan 5 bungkus nasi, lebih baik gw pesen indomie goreng dan gw padukan dengan sebungkus nasi. Biar lebih ekonomis tapi tetep nampol. Sedangkan Wasis yang memiliki ukuran lambung lebih kecil dibanding gw, cukup dengan beberapa bungkus aja. Kelar makan, gw ga nyangka bisa ketemu lagi disini sama tuh makanan yg kmaren bikin gw muntah n puyeng2. Yap! Belalang goreng.
Tiba-tiba:
“Wih! Apaan tuh Bang? Belalang goreng ya?” tanya Wasis ke gw sambul tunjak-tunjuk
“Hah? Oh iya Belalang goreng”
“Lo pernah nyoba Bang?”
“Pernah........”
“Enak ga Bang?”
“..............” gw cuma bisa diem sambil nyeruput es teh dengan imutnya
“Ah coba ahhhhh.....”
Penasaran, Wasis ga tahan buat nyobain. Diambilnya satu bungkus, dibuka dan diciumnya abang kucingan. Ga gw bercanda, diciumnya belalang goreng. Gw ga nyangka selain gw ada juga yang ngendus2in makanan sebelom dimakan. Kali ini ternyata Wasis lebih pintar, dia lebih jeli ngeliat duri yang ada dikaki belalang. Dibuangnya kaki belalang yang malang tersebut. Sungguh malang nasib si belalang. Udah ditangkep, dibunuh, digoreng, dijualnya di kucingan lagi. Kan lebih elit kalo dijual di supermarket. Ditambah, kali ini bakal dimakan Wasis! Malang sekali.... Hap! Dimakannya belalang itu. Gw ngeliat ekspresi wajahnya Wasis sesaat setelah dilahapnya belalang goreng tsb. Gw ngeliat tampangnya kebingungan ngeliat seplastik belalang goreng didepannya sambil tetep ngunyah2. Hebat, dia lebih kuat ketimbang gw. Jumlah belalang yang dimakan mampu melebihi gw.
“Gimana Sis enak?” tanya gw dengan prasaan ga tega
“....... Bang udah yuk kita balik” pinta Wasis
“Lha itu belalangnya masih banyak. Ga diabisin dulu?”
“Emmm....dibawa pulang boleh ga ya?”
“Yaudah Lo bawa pulang aja....” lanjut gw ga tahan liat mukanya Wasis yang sedari tadi datar bgt. Pikir gw mo dibawa pulang, mo dibawa lari, mo dibawa kawin juga tuh belalang pasrah2 aja. “Mas udah Mas... saya tadi makan ini...ini....” gw berpaling dan laporan apa yg gw makan tadi ke mas2 penjaga warung. Gw ga bisa ngebayangin gimana Wasis ngelapor dia abis makan apa aja, dan gimana reaksi orang2 sekitar yang ngedengernya. Finally, kita beranjak dari kucingan tersebut. Dibawanya belalang sisa tadi oleh Wasis yang niatnya ‘dibawa pulang’. Setelah beberapa jauh dari kucingan, dibuangnya lah oleh dia belalang malang tersebut di tong sampah terdekat.
“Lhoooo..kok dibuang?” tanya gw
“Beh!! ga enak!!! Kok lo ga ngasih tau gw sih tadi kalo ga enak Bang”
“Hahaha!! Yah sori, masa gw bilang ‘ga enak’ langsung didepan yg jual. Ga etis lah...”
“Perut gw rada mual nih.....” sambung Wasis, dan benar aja sama seperti gw, sesampainya dikost Wasis langsung ngibrit ke kamar mandi dan muntah2 dengan bahagia.

Keesokan harinya, gw dikejutkan lagi dengan jenis makanan yang dari namanya lebih nyentrik. Namanya “Tahu Gimbal”

Kasus 2: Tahu Gimbal
Jenis makan ini bisa ditemuin di Semarang. Kalo Lo jalan2 di simpang lima, pasti bakalan nemuin deh. Tapi jujur gw ga tau tempat tahu gimbal ini yang enak dimana. Awalnya rada bingung sama jenis makanan yang satu ini. Apa ada hubungannya sama Bob Marley? Atau yang jual para rastaman dengan rambut khasnya? Kedua persepsi gw salah total. Ga ada hubungannya sama Bob Marley maupun rastaman. Gimbal yang dimaksud disini adalah sejenis gorengan yang menyerupai bakwan tapi isinya udang semua. Jadi tahu gimbal kalo gw bilang masih sepupuan sama gado-gado lah. Berbahan dasar tahu yang dicampur sayur2an tentunya potongan gimbal2 tadi lalu diberi sentuhan bumbu kacang. Ga hanya disitu. Biar lebih mantab ditambahin telor ceplok! Wah komplit dah. Saran gw sih bagi Lo yang alergi sama makanan yang berprotein tinggi, lbih baik hindarin deh. Bukan apa2, isinya aja udah ada udang trus ada telor ceplok lagi. Dari pada ntar bentol2 mending makan nasi kucing aja.

Well, masih seputar makanan. Jadi ceritanya gw punya adek angkatan yang ngekost deket kost gw. Namanya Amarylis alias Ikhe a.k.a Emon. Kebetulan ni orang sering ngasihin gw makanan yang tergolong “ga biasa” ke gw. Yah berhubung gw anak kost yang rela nelen apa aja asal bikin kenyang perut, gw terima dengan tangan terbuka dan kaki bersila.
Waktu itu gw di sms yang intinya dia mo nganterin oleh2. Seperti Harry Potter saat megang magic wand pertama kali, gw takjub membaca sms di tangan gw ini, berasa ada angin yang berhembus kencang dari belakang, sinar terang menyinari gw dari atas, dan suara penyanyi seriosa mengiang-ngiang. Walopun sebenernya sms kaya gitu dah sering bgt gw dapet, tapi makanan gratis bagi anak kost laksana oase di padang pasir. Dengan semangat yang membara gw menunggu. Gw menunggu dengan serius, fokus, cermat, dan teliti. Ga lama akhirnya tuh bocah dateng dan langsung nyodorin buntelan kresek item.
“Nih Mas! Ta’ kasihke kamu ae” kata dia begitu sampe
”Whooaa...apaan nih?” tanya gw
”Wis pangan ae! Aku cabut se’ yo”
“Yo..yo..yo...”
Penasaran apa isinya, gw memberanikan diri membuka buntelan mencurigakan itu. Kalo gw raba2 dari luar sih gw yakin makanan jenis kerupuk. Dan begitu gw intip..... Wow!!! Silau sekali! Kerupuk jenis apa ini?! Bentuknya seperti cincin dan berwarna merah terang. Serius, MERAH TERANG. Ini pasti jenis kerupuk Glow in The Dark. Kalo ditempel dilangit-langit kamar kita dan saat malem lampu dimatikan, pasti kita akan serasa bermalam di luar angkasa. Gw memberanikan diri nyoba cicipin. Biar afdol gw nyari piring ama nasi. Tapi lagi ga ada nasi. Yaudah, dengan terpaksa akhirnya tanpa nasi. Satu suap, gw belom bisa mengidentifikasi jenis kerupuk ini. Disuapan kedua gw udah bisa mengidentifikasi kerupuk yang bisa nyala ini. Menurut gw betul bahwasanya ini jenis kerupuk karena teksturnya yang renyah walopun rada keras dikit. Lalu berbahan dasar sejenis umbi2an. Antara ubi ama singkong. Tapi gw cenderung ke ubi. Identifikasi selesai.
Gw panggil temen2 kost gw yang lain buat makan bareng gw. Disamping emang gw berhati mulia, juga biar bisa bareng2 kalo ntar akhirnya keracunan. Kan seru tuh terkenal satu kost dan jadi headline di berita atopun koran:
KURANG KERJAAN, SATU KOST KERACUNAN KERUPUK GLOW IN THE DARK!
Dengan foto korban yang tetep gaya walopun diberitain keracunan.
Ga hanya gw, temen2 kost gw pun kaget ngeliat tuh makanan yang ngejreng banget.
”Apppaa’an Neh?! Warnanya nakutin banget!” tanyaMas P tmn kost gw (setelah gw translate dari bhs jawa)
”Ga tau Mas, aku juga boleh dikasih. Tapi enak juga Lo” kata gw yang hanya mengenal 2 penilaian terhadap makanan, yaitu Enak dan Enak Sekali..
”Ini kayanya pake pewarna Lho” katanya lagi. Dan yang akhirnya cuma berani makan sedikit. Sedangkan gw dengan jawaranya ga berhenti ngunyah tuh makanan. Berhubung rahang gw dah cape’ ngunyah, gw berhenti dan sisanya gw simpen buat besok pake nasi. Entah kenapa bagi gw semua makanan yang di barengin nasi terasa lebih nonjok. Yaiyalah... Masa Yaiyapret! (Biar ga nyambung sekalian).
Malemnya, gw kena HIV alias Hasrat Ingin Vivis. Gw buru2 ke belakang. Ga pake lama,dengan jumawa gw pipis. Ditengah-tengah nikmatnya pipis, gw kaget ngeliat aer pipis gw. Aer pipis gw merah! Beneran, MERAH!.Gw keringet dingin. Pikir gw saat itu, apa gw kena kencing berdarah ya? Tapi ini terlalu encer kalo dibilang darah. Gw inget2 lagi.... Ah! Gw tau. Ini pasti gara2 kerupuk nyentrik yang tadi gw makan. Karenanya pipis gw jadi ikut2an nyentrik. Wah bener2 pake pewarna nih. Sesudahnya tuh sisa kerupuk langsung gw buang walopun rada ga tega. Besoknya dikampus, gw nyari si Emon. Ternyata dia lagi ngumpul sama temen2 sebayanya, sebutlah Rara, Anjar, dan Habibi. Walopun beda angkatan, gw paling nyambung ama mereka di banding ama adek2 angkatan yang laen. Langsung aja gw sewot,
”Hoy makanan apaan tuh semalem! Kerupuk apa karet gelang goreng!!!!” semprot gw
”HwaHaHaHaHa!!!!!!” denger begitu mereka malah ngetawain gw dengan tanpa dosanya
”Gw rasa tuh kerupuk yang Lo kasih bisa nyala deh kalo di tempat gelap!”
”Ha? Kamu makan toh? Ga tau Mas, aku juga boleh dikasih. Banyak banget, ada satu plastik gede. Tapi bingung, ga tega mo dikasih sapa lagi” jawab Emon
”Khe (Emon), mang kamu kasih mas Wahyu juga?” selip Rara sambil mencoba berhenti ketawa
”He’eh, abis aq bingung kasih ke sapa lagi” jawab Emon
”Hwahaha!!!” Rara malah seneng
“Asem! Jadi itu juga kamu boleh di kasih?! Trus karna bingung kasih ke siapa, kamu kasih ke gw?!” gw tambah sewot.
“Iya. Tuh masih ada banyak dikost. Temen2 pada ga mau. Kamu mau lagi?” tanya Emon
’OGAH!!! Tau ga? Gara2 tuh kerupuk merah, kencing gw jadi ikut2an merah!”
”HWAHAHAHAHAHAAA!!!!” malah ketawa tambah parah
Share on :