Headlines News :
Banner iskaruji dot com
TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI PHOPHO POOMKILLER THE'SAINT BLOG

Begitu Sensinya

“Treng..teng..teng....” hape gw bunyi ada sms masuk. Isinya:

ndut, berhubung mobil gw ga bisa masuk gang Lo. Jd lo aja ya yg kesini. Gw di dpn tempat cimol. Buruan ya!
Sender: Reza KorgaL


Yap, mang gw sama tmn gw dah janjian mo makan siang bareng. Siang itu Reza yg sehabis latian nyetir dan Ayie yg terpaksa jd tutor setirnya dah nunggu gw didepan gang karena mobilnya ga biisa masuk gang kost gw berada.
“Nah tuh dia tuh” respon Reza sesaat datangnya gw. Didepannya ada Ayie yang lagi bertransaksi cimol.
“Hei Yie!” sapa gw. “Lo ga bosen2nya Za makan cimol?”
“Kaga”
Buat gw, makan cimol disini ga ada untung2nya acan! Maap yah PPCMIS (Persatuan Perdagangan Cimol Ma’nyos Indonesia Semarang). Karena cimol disini beda sama cimol yang ada di jkt. Yang di sini (semarang) tuh cimolnya lebih menjurus ke cireng (aCI digoRENG) cuma dia bentuknya lebih kecil aja. Dah gitu berminyak bgt. Intinya bikin rahang pegel doang. Beda sama cimol yang ada di jkt ato tempat jajan adek2 gw. Gw pernah di bawain cimol sama adek gw yang paling bontot dari sekolahnya wkt dia SD dulu. Beh..... Dahsyat! Dah gurih, pedes manis, dan teksturnya yang lentur membuat gigi ini ga ingin berhenti ngunyah. Setelah itu, setiap dia mo berangkat sekolah gw selalu nitip dia buat bawain gw cimol kalo ntar pulang. Dan konon, ditempat jajan adek2 gw yang sekarang dah pada SMP dan SMA cimolnya lebih nampol lagi. Ada berbagai improvisasi pada cimolnya, yang terletak dibumbunya. Sayang gw belom sempet nyicipin. Beda cimol dari Cireng (Aci digoreng) dan Cilok (aci di coLok) adalah gw ga tau kepanjangannya.
“Trus kita kemana nih sekarang?” tanya Reza
“Lah katanya Fifi juga ikut. Kita jemput aja dulu, baru itu kita tentuin dah dimana kita makan” jwb gw
“Okeh....”
Diantara anak atas (gw), Fifi emang punya lebih banyak refrensi tempat makan yang yahud. Sementara yang gw punya cuma refrensi warteg ama Warung Nasi Kucing yang enak.
Setelah ngejemput Fifi dan kebingungan nentuin tempat makan, akhirnya warung makan sederhana didaerah Don Bosco jadi pilihan kami. Katanya sih gule-nya nampol. Warungnya sih seerhana bgt, tapi ditembok warung terpampang poster2 para pemain PSIS lengkap dengan tanda tangannya. Ga lama pesenan dateng, dan ternyata pilihannya ga salah. Gule-nya boleh juga. Boleh juga nih buat nambah refrensi tempat makan enak gw yang cuma bisa di itung pake jari.
“Yuk, abis ini Lo ya yang nyetir!” pinta Reza
“Iyeh.....mang kita mao kmana Lg?” ternyata rencana berubah. Gw kira cuma makan doang, taunya pake ada acara jalan2. Padahal rencana w mau ngerjain revisi TA gw siang ini. Ya udah, sebagai sopir yang baik gw harus menuruti permintaan penumpang.
“Mampus Lo yu! Gimana ngerasain jadi supir. Bingung kan Lo mao kmana?” kata Reza
“Iye...kmana nih? Kmana Fi enaknya?”
“Terserah deh...aku mah ngikut aja.”
“Yie, kmana nih?” tanya gw lagi yan g kebingungan mo belok mana di pertigaan dpn.
“Aku jg terserah deh...”
Yah pada terserah smua. Karena pada bingung semua gw putuskan untuk belok kiri.
Singkat cerita, kita mutusin bwt ke sebuah game center di CitraLand. Rencananya sih mo nemenin Fifi yang getol bgt maen DDR. Berhubung hari itu hari libur dalam rangka Harkitnas, game centernya penuh bgt. Gw yang udah lama ga ke game center (terhitung setelah lulus SMP), jadi laper mata ngeliat semua jenis game disono. Yang jadi perhatian gw dibandingin game2 yang biasa adalah, ada game simulasi alat musik. Dari perkusi, drum, piano, dampe dije. Ini baru dahsyat. Gw tertarik ke simulasi drum. Gw ngeliatin anak kecil yang lagi maenin nih game. Lumayan. Banyak juga pujulan yg HIT dan ga jarang yang PERFECT. Emang temponya ga cepet2 amat sih. Ah ini sih cetek. Disaat Reza, Fifi, sama Ayie ke game DDR, gw putusin buat beli bbrp koin buat nyoba game dram2an. Karena game dram2an masih banyak yang ngantri, kelar beli koin gw putusin nonton Fifi yang mo ngedance di depan layar itu. Ga disangka jago juga ni bocah. Hinggap2 ksana-kemari, loncat2an sesuai irama lagu. Tadinya gw juga tertantang ngelawan Fifi maen DDR, tapi karena mengingat berat badan gw, gw urungkan niat mulia tersebut.
Ngeliat game dram2an dah sepi. Gw lari ke sana dan langsung duduk di bangku yang dah disiapin didepan layar, masukin koin, langsung OK-OK aja sama option yang keluar dan asal milih lagu.
“Maen apaan kamu Yu?” tanya Fifi yang ternyata dah slese maen DDR
“Hwe..hwe... nyoba nih maen dram2an”
Musik dimulai dah ketukan drum yg harus gw pukul juga dah keluar. Anjroy! Kenyataannya tak semudah yang gw kira. Ribet bgt. Walopun temponya gw cepet2 amat, tapi ketukan drumnya ga kaya ketukan aslinya. Ketukannya lebih jarang. Beri satu lagu udah FAILED. Ternyata lebih mudah maen drum asli. Gw malu ama anak kecil tadi. Gw mundur teratur.
Game simulasi musik selanjutnya gw pilih perkusi. Menurut gw ini lebih sederhana dari pada drum. Dan gw sempet ngeliat orang maenin nih game waktu gw pertama dateng tadi, keliatannya gampang dan menarik. Oke deh berhubung lagi nganggur gw maenin aja nih game. Gw ga belajar dari pengalaman maen dram2an tadi. Ternyata ga gampang seperti yang gw liat. Tiba2 ada bocah yang ngedekitin sebuah set pasanan perkusi sebelah gw sambil ngeliat gw kesetanan mukul2 ga jelas. Hampir aja gw pukul kepala tuh bocah saking serunya gw kira symbal. Rada grogi juga ngeliat ni bocah yang ngeliatin permaenan gw dengan dinginnya. Apa ngajak duet maen bareng, apa mengamati permaenan gw? Mudah2an nih bocah kagum ngeliat kecepatan tangan gw. Namun pengharapan gw pupus gitu aja gara2 temen2 gw bukannya nyemangatin malah ngetawain ngeliat permainan gw. Pasti nih bocah illfill. Satu lagu langsung FAILED dan game over. Gw harap ada credit lagi. Lalu bocah tadi langsung masukin koin ke slot yang satunya. Gw kaget ngeliat dilayar gw ada tampilah agar bisa maen lagi. Gw girang bgt dan maen asal langsung OK-OK aja, men-select pilihan dengan mukul perkusi didepan gw. Begitu gw liat disebelah, bocah tadi lagi kebingungan mukul2 perkusi terus2an karena ga ada tampilah pilihan dilayar. Gw masih semangat karena dapet kesempatan maen perkusi sekali lagi. YEEAAAH!!!
“Hmmm...Yu, kok kamu maen lagi? Bukannya udah game over td?” tanya Ayie
“Hah? Tau nih, orang ada tampilannya gitu buat nyoba lagi”
“Itu buat dia kali..Kan tadi dia masukin koin” kata Ayie sambil nunjuk tuh bocah yang ngeliatin gw dengan tampang melas.
“Ha? Iya yah?....” gw ngeliatin tuh bocah yang tetep ngeliatin gw yg ga ngasih-ga ngasih juga stick perkusinya. “Oh...Nih Dek....Hwe...hwe...” gw lagsung kasih aja. Si bocah langsung nerima. Tuh bocah nerima stick dari gw sambil ngejepit lidah dengan kedua bibirnya, pertanda dia antusias bgt. Gw pengin bales dendam sama tuh bocah yang udah bikin gw grogi lantaran diliatin wkt maen td. Ternyata si bocah lebih lihay maen perkusinya. Sambil joget2 kecil lagi. Ok, Gw mending cabut.
Kami akhirnya balik. Gw sampe kost jam 3 sore. Gw cape bgt. Pertama karena malemnya gw begadang, dan gw kurang tidur karna bangun pagi. Trus siangnya diajak jalan. Sampe dikost gw kekamar Wasis.
“Dari mana koh Bang?” tanya Wasis yang lagi maen PES
“Dari bawah gw. Dari GFan Ce’eL”
“Wah asek bgt Lo Bang!”
dalem ati, asik gmn.... hampir aja gw dibuat malu sama anak kecil yang jago bgt perkusi. Gw ikutan gabung bentar maen PES.
“Aku juga ntar mo diajakin nonton GIGI nih Bang sama temenku. Dia dapet tiket gratis”
“Wiuh, asik tuh. Gw kalo ga ngerjain TA, gw ikutan deh...” sambung gw
“Oh Lo mau ngelanjutin ngerjain TA ya?”
“Gitu deh...besok gw disuruh ngadep lagi sama dosen pembimbing gw”
ga lama si Wasis mikir. Disinilah otaknya mulai di budidayakan
“Apa Lo juga mau ikut nonton GIGI Bang?”
“Pingin sih....cuman gw juga cape bgt nih abis muter2 tadi”
“Gapapa yuk... Ikut aja biar seru!”
“Ummh.... Kapan sih brangkatnya?”
“Ntar aku tanya temenku dulu. Sekalian tanya ajak kamu(gw)?”
“Mang tiket gratisnya masih ada?”
“Ini sekalian aku tanyain...”
Ga lama sms balesan dari temennya Wasis sampe.
“Siap Bang! Bisa!” teriak Wasis sambil nunjukin sms di hapenya yg bertuliskan SIAP
“Oke deh gw ikut, tapi sekarang gw nyicil ngerjain revisian gw dulu ya. Mang berangkat jam berapa?” tanya gw
“Bentar Bang aku tanya se’ ” ga lama “ berangkat habis magrib bang”
“Oh yawdah masih ada waktu buat ngerjain TA. Sip gw ngerjain dului ya!”
“Okeh”
Dan benar, sehabis magrib teman Wasis datang. Namanya Kribo. Rada ga enak juga ngikut2 nonton pake tiket gratis dari dia Soalnya gw ga begitu akrab ama nih orang, cuma kenal sekilas. Ga salah emang dia dipanggil Kribo. Mirip bgt Andy F Noya (Kick Andy). Udah rambutnya kribo, kurus, trus kumisnya tipis. Cuma beda di umur ama nasib aja. Tau si Krobo datang gw langsung nyamperin,
“Bow, beneran ni gw bisa ikut?” tanya gw
“Bisa Bang, nih tiketnya masih lebih satu”
“Oh... mang Lo ga ngajak cewe Lo?”
“Ga Bang.. kasian ngajak cewe ke acara gitu”
Weezzz ternyata si Kribo berhati mulia juga. Bener juga, kasian cewe kita kalo acara panggung terbuka dimana pengisi acaranya band2 terkenal yang punya banyak massa. Bisa kegencet banyak orang, kesenggol-senggol. Bagus kalo cuma kesenggol, kalo ketendang ama yg lagi moshing bisa berabe urusannya. Mending kalo ngajak cewe ke acara pensi2 yang artisnya ga rusuh kali yaaa.
Setelah Isya, gw ganti baju yang rada necis dikit. Dan kita bertiga siap berangkat menuju venue.
“Sis, nih tiketnya yang pegang km aja” seru Kribo sambil ngasi tiket bertuliskan Pestaphoria yang disponsori oleh salah satu provider GSM yang dibagian belakangnya terdapat kode ring back tone dari artis yang bakalan hadir entar.
“Sinih. Tapi, kok ga ada tulisan tempat acaranya dimana? Cuma di Universitas Diponegoro tok.” Kata Wasis heran “Nih bener tiketnya nih? Kok kaya brosur ya?”
“Coba Sis Liat!” gw penasaran “Ohhh..ada Audy juga toh...Iya nih gw juga heran, ni tiket apa brosur promosi?”
“Wah jangan2 bener brosur promosi ring back tone nih! Bow, bener ini tikenya?”
“ Ga tau juga, aq dapet dari temenku cuma kayak gitu”
“Waaaahhhh...” Wasis panik. Gw karena nebeng, ga bisa ikut ngerasa kecewa.
“Udah untung2an aja. Kalo bukan ya kita beli aja tiket disana” gw nyoba nenangin
“Yaudah yuh brangkat!” Wasis garuk2 rambut “Kita nyoba kemana dulu nih?” tanya Wasis
“Kita ke Auditorium dulu aja. Biasanya kan kalo ada acara disitu diadainnya” jawab gw sotoy
“Okeh Bow kita ke Audit dulu” ajak Wasis
“Okeh”
Kost gw letaknya di Semarang atas, sedangkan Audit di Semarang bawah. Jadi perjalanan selama ke audit banyakannya menurunnya. Iulah mengapa berangkatnya gw diboncengin Wasis, pulangnya gw boncengin Wasis. Sedangkan Kribo naek motor sendirian dibalakang gw. Sampai di depan Audit gw heran seheran-herannya. Kok sepi? Padahal ada acara yang artistnya GIGI sama AUDY. Yang ada cuma beberapa sekumpulan orang yang nongkrong didepan gerbang sama depan parkiran.
“Sis kok sepi?” gw heran
“Iya nih, aku juga heran”
“Apa kita masuk aja?”
“Oke, tapi ntar Bang nunggu barengan”
“Barengan?”
“Iya, kalo ada orang laen yang masuk, kita ikut masuk!" ga lama dateng segerombolan orang naek motor mau masuk gerbang Audit. “Oke! Sekarang!” Wasis langsung nancep gas motornya masuk menuju gerombolan dan diikuti Kribo dibelakang.
Begitu dipelataran Audit, kami berpisah dengan gerombolan tadi. Keadaan disini jauh berbeda dari yang diluar tadi. Lebih sepi.
“Sis disini malah tambah sepi” Setelah celingak-celinguk ga jelas, gw ngedenger suara orang teriak2 dari dalem Audit. Teriakan itu ngasih sedikit harapan kalo emang di Audit acaranya diadakan. “Tuh ada yang teriak2! Coba kita kesana”. Wasis ama Kribo ngikut aja komando dari gw. Dan ternyata dari luar udah keliatan apa yang ada didalem audit. Ya, sumber teriakan2 yang gw denger tadi. Orang maen badminton.
“ Hah? Kok malah badmintonan? Hahahahaha!!!”
“Iya yah...hahahaha malah badmintonan koh” Wasis ikutan ketawa dengan khas logat Cilacapnya
Si Kribo cuma bisa nyengir. “Coba aq tanya temanku dulu deh” Kribo penasaran
“telpon aja nih” Wasis ngasi hapenya yang baru di isi ulang pulsanya.
Dari pembicaraan Kribo ama temennya di seberang sana, gw dapat menyimpulkan kalo temennya juga ga tau pasti venuenya dimana. Ini terlihat dari beberapa tempat yang disebut dipembicaraan itu. Seperti
“Hah? Simpang Lima?........Kamu ni lagi dimana?.......Ini aq udah di Audit!!! Malah orang maen badminton!..........Stadion? Mang di sini Stadion dimana aja Bang (malah nanya gw)”
Akhirnya kita putusin buat muter2 kawasan UNDIP ‘bawah’ buat nyari keramaian. Dimana ada keramaian, disitu kemungkinan besar acara diadakan. Sempet berhenti dipinggir jalan cuma buat liat umbul2 promosi acara tersebut, tapi tetep aja ga ada tulisan tempatnya dimana.
“Gimana Sis? Ada tulisannya?” tanya gw yang lagi nunggu di motor
“Ga ada Bang” Wasis manyun dan berdiam sejenak. “Coba ke lapangan bola Ekonomi” Otak Wasis mulai berkerja kembali. “Bow, kita ke lapangan Ekonomi coba!”.
Kribo cuma bisa manggut2 soalnya dia lagi telpon2an sama temennya yang juga bingung sama keberadaan tempat acara. “Ga tau nih.... kamu lagi dimana...?” itu yang kedengeran ama gw
Dan bener aja, crowded udah keliatan. Jalanan diarah menuju lapangan ekonomi udah disulap jadi parkiran motor dadakan oleh pemuda setempat. Biar lebih aman, Wasis ama Kribo memilih nitipin motornya di rumah temennya yang ga jauh dari sana. Finally, jadi juga gw nonton Audy ama GIGI malem itu.
Kelar acara, badan gw rada meriang lantaran sewaktu perform GIGI ada yang nyemprotin aer blanwir ke arah penonton. Dan gw yang rada kurang fit gara2 kecapean jalan2 sedari pagi dan belom makan kena semprotan itu. Jadilah badan gw langsung berasa ga enak. Sayang gw ga bawa sabun waktu disemprotin, kalo bawa gw bisa sekalian mandi diantara penonton.
Pulang, giliran gw yang nyetirin motor. Gw berharap bisa nongkrong di tempat makan dulu biar bisa minum es teh. Ga tau kenapa malem itu walopun badan gw berasa ga enakan gw tetep ngidam minum es teh. Awalnya cuaca begitu bersahabat, namun di tengah perjalanan menuju Semarang ‘atas’ tiba2 aja ujan lebat. Ujannya tajem2 pula. Makin lama makin lebat. Gw rasa ini ‘ujan pindahan’ dari tempat acara tadi yang mana dibuang ke semarang atas. Gw tambah kecepatan biar bisa neduh dulu diSPBU depan. Tapi semakin ngebut, aer ujan makin kuat ngigit2 muka gw. Walopun udah basah kuyup sampai juga gw di SPBU daerah Gombel. Begitu dateng langsung buru2 makirin motor didepan dan lari ke daerah wc. Disitu udah banyak orang yg neduh juga. Ga peduli motor keujanan, yang penting kita bisa neduh. Maap ya Tor bukanya gw ga cinta. Ujan lumayan lama ga berhenti-henti. Sekitar 45 menit ujan lumayan reda dan kita memberanikan diri buat cabut dari pom bensin. Disini lah masalah timbul. Motornya Wasis ngambek! Jadi ga mau distarter. Kita emang ga tau diuntung. Bukannya berterima kasih. Ini motor udah rela ditaekin ama 2 orang kaya gw, sanggup turun-naek Semarang dengan asupan bahan bakar yang tiris. Tapi tanpa dosa dibiarin aja menggigil keujanan sementar kita asik2an berteduh.
Setelah bekali-kali gw starter dan di sela bgerkali-kali, nih motor bersedia juga nyala. Yes! It’s Alive!!!! It’s Alive!!!! Makasih ya Tor....Maapin kekhilafan kami tadi. Kamu emang motor yang ciamik. Kamu pasti menggigil keujanan tadi. Sekarang kita balik pulang ya. Wasis naek dibelakang, Kribo ngekor dibelakang, kita jalan kembali sambil nyari tempat makan buat ngisi perut biar ga masuk angin. Dipinggir jalan gw berhentiin motor buat nanya makan dimana. Begitu deal, gw langsung nyalain motor lagi. Tapi si motor berkehandak lain. Ini lebih parah. Berkali-kali distarter dan disela ga mau nyala.
“Apa bensinnya abis ya?” tanya Wasis
“Iya bisa jadi, liat tuh udah miris banget. Udah dibawah huruf E” sambung gw sambil nunjuk fuel meter.
“Yaudah deh.. ta’ isi bensin dulu”
“Jadi kita balik lagi (ke pom bensin) nih”
“Iya deh. Bang Lo ama Kribo aja, ini biar gw yang bawa”
Namun kali ini motornya Wasis ngambek ga seperti biasanya. Walopun udah diberi asupan premium sampe full tetep aja ga mo nyala. Sekalinya nyala, giliran di coba gas sama Wasis langsung mati. Begitu dan begitu terus. Gw yang gaptek mesin, cuma bisa duduk dimotor Kribo dan berdo’a dalem ati biar si motor diberi kelapangan hati buat maapin kami. Si Kribo yang lebih mahir mesin motor ketimbang gw (yang mahir mesin jahit) akhirnya turun tangan juga. Dia ikut nyoba nyela2 motor berkali-kali.
“Coba Sis, jangan di gas2 dulu” suruh Kribo dengan tenangnya
Bener, motornya jadi nyala. Kali ini Kribo ngegas dalem bgt sampe SPBU jadi berisik. Tapi begitu masukin gigi sama Wasis, motor mati kembali. Ingin rasanya gw ngasih masukan giginya siapa yang di masukin Wasis, tapi ternyata Wasis lebih pinter. Bukan gigi siapa2 yang dimasukin, melainkan masukin gigi satu. Wasis nyoba nyela lagi dan begitu nyala langsung digas dalem2. Begitu gigi satu masuk motor mati kembali. Begitu terus sampe 4 kali. Wasis tampaknya belom patah semangat juga, dia yakin pasti bisa di percobaan selanjutnya.
“Pasti bisa Bang! Pati bisa!” semangat Wasis
Seperti tadi, motor nyala dan terusdi kembali mati saat dimasukin gigi satu.
“Ayo Bang! Kamu pindah sini aja biar gw aja yang nyetir” seru Wasis nyuruh gw pindah ke motornya. Gw nurut dengan berpindah dari yang tadi nangkring di motor Kribo ke motor Wasis yang gw harap udah bener2 iklas maafin kita. Tapi motor masih digenjot-genjot sama Wasis dan berhasil nyala kembali. Begitu gw udah ngangkat kaki siap duduk di jok belakang Wasis, Si motor beserta Wasis udah ngacir gitu aja. Seakan-akan ngibrit takut gw taekin. Gw cuma bengong keheran-heranan sambil melambaikan tangan. Entah kenapa giliran gw mau taekin, tu motor berhasil dimasukin gigi satu.
“Bow, gw bareng Lo aja deh....” pinta gw ke Kribo yang juga lagi heran. “Ga pa pa deh. Yang penting motornya bisa jalan”. Ternyata cuma kesalahan gw doang yang blm bisa di maapin. Begitu sensinya dia.......
Share on :