Headlines News :
Banner iskaruji dot com
TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI PHOPHO POOMKILLER THE'SAINT BLOG

Personal ExpressionK

Kita semua pasti mengenal ospek. Ngomongin ospek emang ga ada habisnya. Banyak yang suka, dan ga sedikit juga yang ga demen. Walopun kebanyakan ga enaknya, dengan adanya ospek ini kita jadi punya pengalaman lucu yang bisa diceritakan ke anak-cucu kita nantinya. Seperti,
“ Nak, sewaktu Papah ospek dijaman kuliah dulu, Papah pernah disuruh nari Saman di tengah lapangan”,
“Trus yang nonton banyak ga Pah?” tanya si anak dengan bangga (?)
“Gimana ga banyak, orang disuruhnya kalo lagi upacara!” atau
“ Cu, Kakek pernah disuruh nembak simbok penjual es doger di kantin waktu di ospek sama kaka kelas 3 dulu”.
“Trus di terima ga?” sang cucu bertanya
“Ya kalo ga diterima, ga ada kamu”
Itu salah satu dari banyak manfaat ospek seperti yang udah gw bahas di bab “Komodo Bunting” diatas.
Ospek di tiap jurusan punya ciri khas masing2. Kalo di jurusan gw ada yang unik. Jadi setiap Maba diharuskan memiliki PE. Apaan tuh? Pasti lo nanya kan? Ha? Engga? Yawdah deh ganti topik. Jadi nilai kurs mata uang valuta asing kita indexnya naek turun dikarenakan harga terasi yang kian melonjak...
Ga enak ya....
Kembali ke Topik. PE merupakan kependekan dari “Personal Ekspressionk” (lafadznya harus kaya orang perancis lagi pilek) atau kalo bahasa pribumi mah artinya Ekspressi dari Personal masing2. Kata senior dan alumni semasa gw diospek sih setiap mahasiswa di jurusan gw pasti punya PE-nya sendiri2. Trus PE ini tujuannya untuk menghibur teman atau sapa aja yang lagi murung bermuram durja. Syarat2 PE adalah, bebas, ekspressif, original, ga jorok, ga porno, dan yang paling penting harus LUCU sehingga orang yang kita kasi liat PE kita HARUS ketawa. Inilah susahnya. Gimana ga susah, kita diharuskan ngelucu disaat keadaan lagi tegang2nya karena baru aja di bentak2 abis2an. Nyari idenya aja susah nya minta ampun. Deadlinenya adalah saat Pelantikan nanti. Jadi pada saat pelantikan, masing2 harus udah punya PE.
Gw stres saat malam dimana besoknya kami akan dilantik. Gw gelisah, ga bisa tidur, keringetan, muntah2, mencret2.. oh ini emang gw lagi masuk angin. Sembari nungggu mata merem, gw mencari ilham biar mendapet PE yang dahsyat, original, dan yang pastinya lucu. Gw dapet beberapa ide, Gw kepikiran:
Pake gaya Shinchan...........udah basi bgt;
Pingin nyanyi sambil tari perut.........takut pada ga bawa antimo;
Pingin striptease...... (untungnya saat itu gw ga kepikiran ide ini, demi keselamatan orang banyak) Sumpah malem itu otak gw butek bgt. Saking buteknya gw putusin untuk mandi junub (Lah?).
Akhirnya kita sampai pada hari H. Dan mandi junub tersebut memberikan hasil yang amat signifikan. Gw masuk angin. Pada perjalanan menuju lokasi tempat pelantikan pun gw manfaatkan buat cari2 inspirasi. Tetep aja otak ini ga nyampe. Sesampainya dilokasi, kita semua langsung di bariskan dan di suruh naruh barang (yang dimaksud barang disini adalah tas ransel kita) masing2 kebarak yang telah ditetapkan panitia. Setelah itu istirahat bbrp menit trus langsung menuju lapangan buat upacara pembukaan yang diikuti oleh dosen, alumni, senior , panitia, dan kami sebagai maba. Kami langsung istirahat di barak karena perjalanannya lumayan bikin cape
“Gimana PE Lu? Dah dpt?” tanya Gatot temen gw
“Belon nih.. gw bingung bgt” jawab gw sambil rebahan “ Lo dah dpt? Apaan PE Lu?”
“Udah lah... Yang kmaren latian aja. Gw juga pusing mikirinnya”
##Ohiya, gw lupa cerita. Kita sempet juga ngumpul buat latian PE masing2. Disalah satu kos tmn gw – Andi – yang notabene kosan “Ikhwan”, kami berkumpul. Dan untuk pensi angkatan, kami para cowok2 sarap akan menyumbangkan sebuah mahakarya kami. Nyanyi sambil nari “Menuju Puncak”-nya AFI. Gw ga habis pikir, temen gw ada juga yang punya tuh kaset AFI (dan lo pasti lebih ga habis pikir lagi, knapa kami milih tuh lagu. Ga usah dipikir, gw aja bingung). Dan dengan berbekal kaset AFI, kami latian dikost tmn gw yang terkenal paling alim tersebut. Berasa ga enak sih sama anak2 kosan yang laen...tapi mo gmn lagi, demi masuk AFI geTtooooo...
“Okeh! Gerakan pertama gmn nih?”tanya gw males
“Gini aja” jwb salah satu tmn gw sambil memeragakan gerakan usulannya
“Ah ga asik! Kaya gini aja” sambung gw sambil meragain jurus ajian pamungkas “bekicot sila”
“Oh iya boleh juga tuh.. tapi ditambahin aja gerakan kaya gini” tambah yang laen
Temen2 kos Andi pada heran ngeliat segerombolan pemuda yang berebutan jadi koreografer.##
Setelah upacara, pembekalan materi, dan makan malam (waktu itu sekitar jam 8 malem), Kita disuruh istirahat sebentar dan bangun jam 10 buat acara Outbond Malem. Kamipun mencoba tidur. Gokil, keadaannya dingin bgt. Lokasi dimana tempat kami pelantikan saat itu adalah bekas barak tentara (gw lupa tentara jepang apa belanda. Kayaknya jepang deh...yang pasti bukan tentara romawi) yang terletak di daerah Bantir, Semarang. Kalo lo nonton film Cau Bao Kan, dimana saat para tentara jepang nurun2in perempuan2 pribumi dari truk, nah disitulah tempat kami dilantik. Dan karena lokasinya diatas gunung, kalo malem jadi dingin bgt. Kalo sore aja, kabut dah turun.
“Eh smuanya, mending kita tidur langsung pake pakean yang siap otbon deh. Biar nanti bangun, langsung bisa ke lapangan. Ga usah siap2 lagi.” Usul gw ke tmn2 dan mereka mengamini. Kami tidur dengan asesoris lengkap. Jaket, sarung tangan, kupluk, training, kaos kaki dan sayangnya ga ada pempers. Kalo ada gw bakalan pake. Disaat mimpi gw lagi seger2nya, kami dibangunin dengan bringas oleh panitia. Dibentak-bentak, di gedor2, di jilat-jilat... Oh salah itu gw lagi ngelindur... Kami sontak langsung bangun kaget. Sumpah saat itu jantung gw Dag-Dig-Dug Daia bgt! Kami disuruh bergegas kelapangan. Namanya juga baru bgn tdr, nyawanya belon nyatu. Kami gelagapan kebingungan. Ada yang salah bawa ransel lah, ada yang kebingungan nyari senter lah, ada yang make sepatu di muka lah..oke gw berlebihan.
Dilapangan udah ada banyak panitia yang siap ‘melumat’ kita. Kami semua berlarian menuju lapangan diiringi triakan2 metal dari arah lapangan, “WWOOOYYY CEPEEETT!!!!!!!!”, “HEHHH!!! CEPET HEHHHH!!!!”, “LELET!!!!!”
Dilapangan kita dibarisin untuk “pemanasan” sebelum outbond malem. Gw baris di barisan kelompok gw. Lapangannya gelap banget. Sorotan senter2 panitia yang silau bgt nyenterin muka gw dan tmn2 gw. Mungkin ngecek, kalo-kalo ada yang pake topeng Spider-Man di “pemanasan” ini. Udah kaya dipanggung dangdut, dilapangan yang keliatan cuma garis2 sinar senter yang dipegang panitia masing2 trus dibuat acak, dan diiringi oleh teriakan metal yang komplen sama keterlambatan kami. Dan ga disangka, ditengah-tengah area pemanasan tersebut, ada juga panitia cewe yang care ama gw (sejujurnya karena melas ngeliat gw ngap2an kehabisan napas karna lari2).
“Km masi kuat?” tanya si emba aluuuss bgt
“Hooshh...Hooshh...mas...shhiiih mba..Hah...hah...”
‘Tarik napas yang dalem pelan2....” suruh si emba, gw nurut “Lepass....”
“Heemmmm.....Haaaahh........Hosh..Hosh” gw nyoba ngulang sarannya
“Lagi....Tarikkk pelan2......Lepas.....”
“Hheeekkk....Haaaaahh” Gw berasa udah kaya senam ibu hamil.
“Gmn udah enakan?” tanyanya lagi, aluus bgt
“Udah..mba..” gw manggut
“Yawdah km coba napas teratur lagi ya........(berpaling) WWOOOY YANG TELAT CEPEEET!!!!!”
GubbrraaKKK!!! Gw kaget hampir pingsan ngeliat si emba yg langsung berubah drastis.
Oke, saat yang mendebarkan tiba. Disaat keadaan lagi tegang karena kita dipressing dengan rating 10 (skala 1 – 10), salah seorang panitia yang paling horor (biar efisisen kita sebut PH aja ya) bilang,
“Kalian dah nyiapin PE belom?”
hening....
“HOY JAWAB HOY!!!!!” bentak si panitia
“TIDDUUURRRR YAAA??????” saut panitia2 laen didepan sambil nyorotin senter ke muka kita2.
“UDDAAAHHHH......”jawab kami
“Oke, mmmmm....coba kamu maju!” pinta PH ke salah satu temen gw. Diapun maju karena masih pingin idup. “Nah sekarang temen mu lagi tegang nih...coba kamu hibur tmn2 km dengan PE mu! Kamu dah siap PE toh?” tanya PH dengan logat jawanya.
“Udah Mas!” jawab temen gw haqul yaqin
“Pokonya harus lucu! Ga lucu awas!”ancem PH
“Teman2, saya akan menunjukan PE saya” dia langsung memelihatkan PEnya. Yaitu sebuah lagu anak2 konpesional “Pok ame-ame” lengkap dengan koreografinya sendiri. Jujur jayus. Ga ada yang sampe ketawa. Paling banter senyum, itu juga terpaksa demi ngehormatin. Kemudian si PH teriak,
“HEH!!! Apa itu ga lucu ah! Tmn2 mu ga ada yang ketawa.. Ganti...ganti... !” seru PH. Gw dibelakang barisan cuma bisa berdoa biar gw ga ditunjuk. “Yak, coba kamu Gatot maju!” suruh PH dengan bringas kayak orang lagi mabok plus kesurupan setan yang kebetulan lagi mabok juga. Gatot maju kedepan barisan. “Tunjukin PE km!”. Gatot malah mundur ngambil ancang2. “Lhoh?Lhoh?Lhoh? mao kemana km?! DISINI AJA!” suruh PH
“Ini PE saya Mas..” bela Gatot
“Ohhh...oke! yang lucu ya...ga lucu lagi awas!”
Tiba2 Gatot maju dengan tangan keatas, kemudian menunjuk ke kami semua. Kami terfokus kedepan. Bingung maksudnya apa. Gw kira Gatot terobsesi sama patung Pancoran, ternyata dugaan gw salah. Dengan dahsyatnya dia langsung ngebor. Iya, langsung goyang ngebor aja gitu.
Tetep ga ada yang ketawa.
Muka Gatot langsung datar. Sebenernya lumayan lucu, cuma kami smua pada takut ketawa aja. Habis sekalinya ketawa pasti aja kami tetep disalahin sama panitia, seperti ini: Lucu ya?! Hah?! Enak ya ngetawain tmn sendiri !!!!.
Intinya kami serba salah. Ketawa salah, ga ketawa kasian juga.
“Apaan tuh?” kata PH yang memimpin acara “Pemanasan” itu
“Ha? PE Mas..... Saya ulang ya Mas...”
Keukeuh bgt nih bocah. Malah minta diulang!
“Yawdah diulang” PH nerima
Gatot mengulang gerakannya, namun kali ini lebih dijiwai. Mata lebih dilebarin, tangan lebih dikeatasin, muka lebih diseremin, dan goyangannya lebih di dahsyatin. Tetep aja hasilnya kurang memuaskan. Palingga cuma bbrp aja yang ketawa.
“Ah ga lucu!” teriak PH dengan bijaknya “Coba WAHYU maju!”
JDEERR!!! BUMI GONJANG GANJING. ORANG TELANJANG DIGIGIT ANJING TREK TEK TEK.. Mampus! Gw belom punya nih. Ternyata do’a gw ga dikabulin. Gw harus berpikir. Berpikir!
“Km udah siap kan?”tanya PH
“U..dah Mas...” Anjrit gw ngibul! Gapapa dah demi slamet
“Oke langsung tunjukin ketemen-temen km!” suruh PH lagi
Aha! Tiba2 terlintas gitu aja ide brillian yang amat original. Setelah minta ijin kalo akan nunjukin PE, gw langsung beraksi, Tari Balet. Yap, malem itu (dan seterusnya) gw akan jadi Balerina. Mungkin lebih tepatnya Maslerina. Gw loncat kesana-kemari ga karuan. Terus, muter2 360° dengan tangan didepan membentuk lingkaran dan muter lagi kearah yang berlawanan dengan tangan diatas, silih berganti seperti kartun Barbie. Silahkan dibayangin, kalo smp lo muntaber 3 hari gw ga nanggung. Para panitia dan juga PH jadi ketawa sejadi-jadinya ngeliat gw balet. Temen2 gw pun akhirnya ketawa juga setelah sekian lama nahan ketawa. Namun belom cukup sampe disitu. Gw diberi tambahan sama PH kalo sebelom nari, puteran di punggung (seolah-olah) gw harus diputer dulu. Biar kayak maenan jaman dulu yang diputer baru jalan. Akhirnya gw bisa menghibur tmn2 gw dan yang lain dengan ide dadakan gw. Dan akhirnya giliran kelompok gw jalan memulai outbond malam itu.
Gara2 maslerina, PE gw jadi PE yang paling dikenal dan dihapal sama semua panitia. Ditiap pos2 pemberhentian, gw selalu diminta nunjukin mahakarya gw ini.
Gw jalan dideretan paling belakang kelompok gw, dengan membawa tongkat kayu dan ransel berisi bekal kami sekelompok buat selama perjalanan. Dan sampailah gw dan kelompok gw di pos senior. Dari beberapa meter sebelum sampe didepan pos, ada salah satu senior cewe yang berdiri dan nyuruh kami buat jalan jongkok. Kami semua nurut berjalan jongkok. Gw kewalahan berjalan jongkok gara2 ransel yang gw bawa (ga mungkin kan cewe yang bawa), tongkat yang gw pegangin terus dan badan gw yang lebar inih. Tiba-tiba salah satu senior cowo lari kearah gw sambil ketawa-tawa ngina
“Hahahaha! Ada JIN KURA – KURA!!!” Teriak dengan manisnya sambil nunjuk2 gw. Ni pasti gara2 ransel segede gaban ama tongkat yang gw bawa, ditambah gw jalan jongkoknya Maha Lelet! Kalo dipikir-pikir sih emang mirip Jin Kura2 (yang di Dragon Ball itu loh..). Yah semoga jin kura2 yang asli ga tersinggung disama-samain sama gw. Tibalah kami tepat di pos senior. Kami disuruh PE terlebih dulu. Pertama temen gw, dan karena PEnya ga jelas, akhirnya gw ditunjuk (lagi). Setelah gw tunjukin masterpiece gw, para senior puas ngetawain gw. Malah minta nambah.
“Lagi dong!” pinta salah satu senior
“Waduw? Lagi???”
“Iye nih aku masukin koin dulu ya... cling” lanjut dia sambil meragain masukin koin. Gw udah berasa jd maenan bocah didepan Indomaret. Yang dinaekin, masukin koin, langsung bergerak dengan iringan lagu anak2. Gw nurut, gw unjukin lagi permintaan encore dari seior.
“Hahahaha! Lucu lucu! Lagi dong! Aku masih punya koin banyak!” pinta senior antusias.
“Hwaduh Mas....aq dah cape nih hosh..hosh....” jwb gw ngos2an.
Dan ngeliat jin kura2 kecapean, salah satu temen gw ngebantu:
“Udah Mas...kasian....”
Dan selamet lah gw.... Senior2 pun melas juga ngeliat jin kura2 yang ngos2an. Akhirnya selesailah gw dimintain PE dan kelompok kami diberi materi di pos tersebut. Setelah kelompok gw selesai, gantian kelompok2 yang lain masuk. Dan ga dinyana ada temen gw yang cewe tapi dikelompok lain yang mempunyai PE yang sama kaya gw punya, nari balet juga. Setelah dia dari pos senior dia dapet sebutan baru, Jin Kuri – Kuri.
Share on :