- Bahasa: Indonesia
- Jumlah Halaman: 13
- Format file: PDF
- Publisher: IlmuKomputer.Com
- Tahun terbit: Juli 2003
- Download makalah lengkap (PDF): yanti-uml.zip
Pemodelan (modeling) adalah proses merancang
piranti lunak sebelum melakukan pengkodean (coding). Model piranti lunak
dapat dianalogikan seperti pembuatan blueprint pada pembangunan gedung.
Membuat model dari sebuah sistem yang kompleks sangatlah penting karena
kita tidak dapat memahami sistem semacam itu secara menyeluruh. Semakin
komplek sebuah sistem, semakin penting pula penggunaan teknik pemodelan
yang baik.
Kesuksesan suatu pemodelan piranti lunak
ditentukan oleh tiga unsur, yang kemudian terkenal dengan sebuan
segitiga sukses (the triangle for success). Ketiga unsur tersebut adalah
metode pemodelan (notation), proses (process) dan tool yang digunakan.
Memahami notasi pemodelan tanpa mengetahui cara
pemakaian yang sebenarnya (proses) akan membuat proyek gagal. Dan
pemahaman terhadap metode pemodelan dan proses disempurnakan dengan
penggunaan tool yang tepat.