Headlines News :
Banner iskaruji dot com
TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI PHOPHO POOMKILLER THE'SAINT BLOG

Masa Kecil Orang Besar

Waktu balita gw sempet tinggal bersama nenek gw karena bokap sempet dinas di luar Kota. Berdasarkan cerita turun temurun nyokap n nenek gw, Banyak banget cerita yang gw dapet gmana kondisi gw waktu piyik ini. Seinget gw sih, sewaktu masih beberapa bulan setelah kelahiran gw, gw pernah ngabisin 1 buah pisang ambon. Ceritanya sih nenek gw ngisengin bayi gw yang metal ini dengan ngejejelin gw pisang ambon ijo. Eh ga dinyana abis aja tuh pisang 1 buah. Entah bingung ngeliat bayi samson yang baru lahir antara doyan apa kelaperan, nenek gw dengan semangat 45-nya, tangan mengepal didada-berikatkan hasduk merah-putih dijidat dan diiringi lagu2 perjuangan- hendak ngelanjutin nyuapin gw dengan pisang beserta orang ambon-orang ambonnya. Berhubung orang ambonnya ga ada, diurungkanlah niat tsb. 
Gede dikit gw ngabisin nasi sepiring dengan ikan mujaer. Disinilah mungkin jiwa kritis gw lahir, karna baru bisa ngomong dan jalan, gw bisa protes minta nambah nasi ke nenek gw. Alangkah tersentak dan terenyuhnya si yusuf kecil ( next disingkat: Yucil )  dikala neneknya mengatakan nasinya ga ada – udah abis -. Namun Yucil ga nyerah gitu aja, Yucil pun langsung beranjak menuju dapur dan mencari dandang nasi. Dan tebak, seketika dibukanya tutup dandang, masih ada nasi disana. Namanya juga Yucil yang ga tau tuh nasi jatah sapa, dengan ringannya bilang “ u..a ta ”.
Nyokap gw jago masak. Nah bakat ini nurun ke gw. Pernah waktu bulan puasa si Yucil ngeliat nyokap lagi masak kolak buat buka nantinya. Secara Yucil punya jiwa penolong yang kuat, ingin membantu sang nyokap. Melihat nyokap pergi sebentar dan lengah dikit, Hap! Udah kaya sepiderman gadungan menclok di sebelah panci kolak berada. Untung gw ga nyebur ke panci kolak yang mendidih, kalo iya bukannya jadi kolak malah jadi semur balita. Celingak-celinguk kaya garong salah masuk rumah, menemukan sebuah bumbu rahasia ala Yucil. Berbutir halus, jernih, bening, dan menurut iklannya bisa membuat lezat masakan, ditaburilah bumbu rahasia itu sembari cengangas-cengenges sok yunow layaknya mas Rudi Choirudin di tipi. Tiba2 datanglah nyokap sambil teriak
“ Yusuf !!!! Itu micin jangan dimasukin ke kolak!!!!”
Seketika Yucil langsung diem kaku kayak di kuis dangdut dengan sebungkus micin ditangan yang tinggal seperempatnya. Yah apa boleh dibuat...pupus sudah kenikmatan kolak di saat berbuka pada hari itu.....
Share on :