Headlines News :
Banner iskaruji dot com
TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI PHOPHO POOMKILLER THE'SAINT BLOG

Enam Mahasiswa Binus Terpilih Jadi Google Ambasador

Sebanyak enam orang mahasiswa School of Computer Science Universitas Bina Nusantara (Binus) terpilih menjadi Google Student Ambassador wilayah Asia Tenggara. Dengan jumlah ini, Binus merupakan salah satu kampus yang memiliki Google Ambassador terbanyak.

Keenam mahasiswa dan mahasiswa tersebut, yaitu Krishna Nugraha Anindita Ricky Adisaputra, Hengky Sucanda, Vivi Siska, Cassandra Liem, Rheza Aditya Pratama, dan Janet Valentina yang berhasil mendapat kesempatan itu. Bersama 30 mahasiswa lainnya, dari Asia Tenggara, mereka menjadi duta Google bagi kampus dan negaranya. Para Google Ambassador ini mengemban beberapa kewajiban. Di antaranya, membantu memahami produk dan program yang dicanangkan oleh Google, membuat kegiatan di masing-masing kampus, bertindak sebagai kontak dari Google untuk perguruan tinggi yang diwakili, serta membantu Google untuk lebih mengenal masing-masing perguruan tinggi.

Selain melakukan beberapa kewajiban, para Google Student Ambassador ini akan berkesempatan mendapat pelatihan dalam berbagai bidang, seperti kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi, dan tentunya kesempatan untuk menjalin kerjasama dengan duta Google lainnya di seluruh dunia. Keuntungan lain yang dapat diperoleh para Google Ambassador ini adalah peluang untuk melakukan magang atau kerja praktik di Google. Indonesia mengirimkan wakilnya bersama dengan negara Asia Pasifik lainnya yakni Singapura, Korea, Jepang, India, Australia, serta China.

“Tahun ini merupakan tahun pertama diselenggarakannya Google Ambassador di Indonesia dan kami sangat merasa bangga dan terhormat bahwa Binus menjadi salah satu perguruan tinggi dari Indonesia yang terpilih,” ujar Deputy Head of Computer Science School Binus Michael Yoseph, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (5/6/2012).

Pemilihan Google Ambassador ini terbagi dalam dua tahap. Seleksi tahap pertama dilakukan oleh Binus di mana para peserta harus menghadapi tiga tahapan, yaitu seleksi profil melalui nilai dan pengalaman, tes wawancara, dan presentasi. Sekira 100 mahasiswa Binus mendaftar untuk mengikuti program ini, kemudian dipilih menjadi 30 besar. Setelah terpilih 30 besar peserta disaring lagi menjadi 10 besar. Peserta-peserta yang mengikuti tahap ini harus memberikan materi presentasi mengenai apa saja yang akan mereka lakukan nantinya apabila menjadi Google Ambassador.

Mereka yang lolos akan masuk seleksi tahap kedua yang dilakukan oleh pihak Google. Penilaian pada tahap ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan melalui email kepada peserta seputar visi dan misi mereka saat terpilih menjadi Google Ambassador nantinya. Setelah melewati seleksi yang berlangsung selama tiga bulan, terpilihlah enam orang Google Ambassador untuk Asia Tenggara dari Binus.

Keenam peserta Google Ambassador akan menghadiri Kick Off Ambasador Summit yang akan berlangsung pada 10-12 Juli 2012 di Google Singapura. Peserta akan mendapat pelatihan untuk menjadi duta Google di Indonesia dan Binus. Kegiatan ini bertujuan menyediakan kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan Google Ambassador dari Asia Tenggara serta untuk mempelajari berbagai produk dan program Google.

“Terpilihnya enam mahasiswa menjadi Google Ambassador ini diharapkan dapat meningkatkan brand awareness untuk Binus. Sedangkan untuk mahasiswa dapat memupuk semangat serta menjadi lebih termotivasi dalam berprestasi dan berinovasi,” tutur Michael.(mrg)(rhs)
Share on :